HISTORY SNSD
Girls'
Generation/snsd adalah grup penyanyi perempuan asal Korea Selatan yang
dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007.
mereka terdiri dari 9 anggota :
Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun.
mereka terdiri dari 9 anggota :
Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun.
Penggemar
sering menyebut mereka sebagai SNSD, singkatan dari nama grup ini dalam
bahasa Korea, "So Nyeo Shi Dae". Klub penggemar resmi Girls'
Generation bernama S♡NE (소원) yang diambil dari judul lagu dalam album pertama mereka.
Grup ini
sudah merilis tiga album studio dan tiga album mini di Korea, satu album studio
di Jepang serta berbagai macam singel. Singel hits mereka pada tahun 2009,
"Gee"
menduduki posisi no. 1 di tangga lagu program musik Music
Bank di KBS selama
sembilan minggu berturut-turut, menjadikannya pemegang rekor sebagai lagu yang
paling lama berada di posisi no. 1 tangga lagu tersebut. Mereka juga
memenangi berbagai macam penghargaan pada tahun 2009 dan 2010, termasuk
penghargaan Artis of The Year (Daesang) di Seoul Music
Awards, Golden Disk Awards, Melon Music Awards, dan Korean
Cultural Entertainment Awards.
Girls'
Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah
naungan label Nayutawave Records, bagian dari Universal Music, dengan merilis versi bahasa
Jepang dari lagu hits mereka "Tell Me Your
Wish (Genie)" dan "Gee".
awal mula
awal mula
Pembentukan Girls' Generation
diumumkan pada 16 Juli 2007.
Pada awalnya, mereka diberi nama Super Girl, versi wanita dari Super Junior,
disertai pengumuman resmi profil masing-masing anggota. Sebelum menjadi anggota
Girls' Generation, mereka sudah dilatih sebagai penari dan penyanyi
profesional. Sebagian di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan modeling,
serta berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan majalah.
single album pertama
single album pertama
Acara M!
Countdown di M.Net 18 Juli 2007 menjadi
tempat penampilan pertama Girl's Generation. Mereka membawakan lagu "다시 만난 세계 (Into the New World)" yang dirilis sebagai singel
pertama Girl's Generation, Agustus 2007. Singel tersebut juga berisi dua lagu
lain, "Beginning" dan "Perfect For You (소원)", serta versi instrumental "?다시 만난 세계 (Into the New World)". Judul lagu "Perfect For
You" nantinya berganti judul sebagai "Honey" dalam album perdana
mereka, Girls' Generation. Singel "Into the New World" diikuti
kegiatan promosi. Mereka tampil dalam acara Popular Songs di SBS, Show! Music
Core di MBC, dan Music Bank di KBS.
Album
perdana 소녀시대 (Girls'
Generation) dirilis akhir musim gugur 2007 dengan lagu andalan berjudul
sama. Ketika dibawakan Lee Seung Chul, lagu
"Girls' Generation" sukses sebagai lagu hit, tapi ketika dibawakan
mereka, album ini hanya terjual sejumlah 121.143 kopi. Pada awal tahun
2008, Girls' Generation mulai mempromosikan singel kedua, "Kissing
You" dengan Donghae dari Super Junior sebagai
bintang tamu.
Pada
Maret 2008, album Girls' Generation dirilis kembali dengan judul
berbeda, Baby Baby, dan dirilis singel "Baby Baby" dari album
tersebut. Sementara itu, sebuah album EP digital, Roommate dari
Jessica, Tiffany, dan Seohyun dirilis bulan April 2008. Setelah itu, Girls'
Generation ikut serta dalam konser SMTown Live '08 bersama rekan-rekan dari SM
Entertainment, BoA, TVXQ, Super Junior, CSJH the Grace, Zhang Liyin,
dan SHINee.
Tur keliling juga dilangsungkan di Thailand dan RRC.
Puncak
kesuksesan: 2009
Pada
Januari 2009, Girls' Generation merilis album mini Gee Singel
berjudul sama dari album Gee langsung menjadi lagu terpopuler
di Cyworld pada hari berikutnya, dan
menempati urutan nomor satu semua tangga lagu digital dalam dua hari
berikutnya.
Dalam
rangka promosi album Gee, mereka muncul dalam acara Show! Music
Core bulan Januari 2009. Mereka membawakan lagu "Gee" dan
"Him Nae/Way To Go" yang juga berasal dari album mini Gee. Di
tangga lagu M.Net, "Gee" menjadi pemegang rekor lagu nomor satu yang
bertahan paling lama (8 minggu) mengalahkan "Nobody"
dari Wonder Girls. Girls' Generation menempati
peringkat pertama 9 minggu berturut-turut dengan lagu "Gee", , sekaligus
memecahkan rekor acara Music Bank di KBS yang sebelumnya dipegang
oleh Jewelry dengan
"One More Time" (7 minggu berturut-turut).
Mereka kembali dengan singel baru mereka "Sowoneul Malhaebwa (Genie)" (bahasa Korea: "소원을 말해봐", "Tell Me Your Wish") yang dirilis secara digital, 22 Juni 2009. Album mini ini menampilkan duet Jessica dan anggota Shinee yang bernama Onew.
2010 album kedua debut di jepang dan Hoot
Pada
bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Girls' Generation akan
merilis album keduanya, Oh! pada tanggal 28 Januari. Singel utama dari album
tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara digital pada 25 Januari
disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari setelahnya. Lagu
tersebut langsung menduduki peringkat pertama dalam berbagai chart musik hanya
dalam waktu beberapa saat setelah dirilis. Dengan lagu "Oh!",
Girls' Generation berhasil memenangi K-Chart 5 minggu berturut-turut pada acara
KBS Music Bank, serta 3 kali kemenangan di SBS Inkigayo. Video klip dari
lagu tersebut juga sangat populer, terbukti dengan mendapat peringkat pertama
sebagai video yang paling banyak ditonton pada tahun 2010 di Youtube Korea
dan Hongkong, serta masuk jajaran 10 teratas di Taiwan dan Jepang.
2011 Mr. Taxi, Album jepang Pertama dan The Boys
2011 Mr. Taxi, Album jepang Pertama dan The Boys
Album
mini "Hoot"
disertifikasi Gold oleh Record Industry Association of
Japan dengan penjualan yang telah melebihi 100.000 kopi. Pada awal
tahun 2011, Girls' Generation mempersiapkan sebuah lagu baru berjudul
"Visual Dreams", sebagai bagian dari promosi untuk prosesor Intel Core generasi
kedua di Asia. Video klip untuk "Visual Dreams" dirilis tanggal
17 Januari yang disertai berbagai macam kampanye promosi termasuk musik baru,
video klip 2D dan 3D, situs internet, foto-foto dan display di
toko-toko komputer.
Pada
pertengahan Januari diumumkan bahwa mereka akan akan kembali ke pasar musik
Jepang dengan perilisan versi bahasa Jepang dari "Run Devil Run"
sebagai singel digital, dijadwalkan untuk dirilis pada 25 Januari 2011.
Tanggal
20 Januari, di Seoul Music Awards ke-20 mereka menerima
penghargaan Artist of the Year, Bonsang prize, Popularity
Award dan Hallyu Award. Dengan ini Girls' Generation menjadi
satu-satunya artis di sejarah musik Korea selain Seo Taiji, Jo Sungmo dan H.O.T. yang berhasil memenangkan
penghargaan Artist of the Year dua tahun berturut-turut di Seoul
Music Awards. Mereka juga menjadi satu-satunya girl group dalam
sejarah yang menerima penghargaan Artist of the Year di Seoul
Music Awards, dan Melon Music Awards selama dua tahun
berturut-turut.
Girls'
Generation menerima gelar Korea's No. 1 Power Celebrity dari Forbes Korea. Mereka
tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi MBC, Korean Music Wave
in Bangkok di Thailandpada 12 Maret 2011 yang menandai penampilan pertama
mereka di Thailand sejak Pattaya Music Festival bulan Maret 2009.
Tanggal 8
Maret, Universal Music Japan memberikan informasi di situs resmi mereka tentang
perilisan singel ketiga dan tur konser Jepang pertama Girls' Generation. Pada
tanggal 27 April Girls' Generation akan merilis album singel Jepang ketiga
"Mr. Taxi/Run Devil Run" yang di dalamnya
terdapat lagu original berbahasa Jepang mereka yang pertama "MR.
TAXI" dan versi bahasa Jepang dari lagu Korea mereka "Run Devil Run".
Sebagian keuntungan dari penjualan singel tersebut akan disumbangkan ke Palang Merah Jepang
untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011. Saat
itu diumumkan juga bahwa Girls' Generation akan menggeIar konser keliling
Jepang bertajuk "The 1st Japan
Arena Tour" yang akan dimulai di Osaka pada 31 Mei. Total
sebanyak 14 konser di 6 kota akan berlangsung selama satu setengah bulan.
Di 2011 MTV Video
Music Aid Japan (VMAJ), Girls' Generation dinominasikan di tiga
kategori yaitu "Best Group Video", "Best Video Of The Year"
dan "Best Karaokee! Song". Girls' Generation membawakan dua lagu
di acara yang juga dihadiri oleh artis-artis terkenal dunia seperti Tokio Hotel dan Lady Gaga tersebut. Pada
tanggal 2 Juli, diumumkan bahwa mereka memenangkan dua dari tiga nominasi yaitu
"Best Group Video" dan "Best Karaokee! Song" untuk "Genie".
Tanggal 1
Juni 2011, mereka merilis album studio Jepang pertama yang bertajuk Girls' Generation. Album
ini memuat 12 lagu termasuk singel "Genie", “Gee”, "Run Devil
Run", "Mr. Taxi" dan versi Jepang dari "Hoot".
Album Girls' Generation disertifikasi
Platinum oleh Recording Industry Association of Japan pada 14 Juni
2011 dan Double Platinum pada 8 Juli 2011. Grup ini juga mencetak rekor sebagai
artis luar negeri dengan total penjualan album pertama tertinggi di Jepang.
Girls' Generation adalah artis keempat yang mencapai posisi nomor 1
di chart album mingguan Oricon setelah BoA, TVXQ dan Big Bang, dan menjadi artis Korea ketiga yang
melewati angka penjualan 500.000 kopi setelah BoA dan TVXQ. Seiring dengan
popularitas mereka yang semakin bertambah, Girls' Generation pun menjadi artis
luar negeri berpenghasilan tertinggi di Jepang pada paruh pertama tahun 2011. Album Girls' Generation telah
terjual sebanyak lebih dari 629.436 keping, menjadikannya sebagai album oleh
sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu
Oricon.
Belakangan
ini, Girls' Generation sedang sibuk dengan tur Asia kedua mereka. Dua konser
pertama telah diselenggarakan di Seoul pada 23 dan 24
Juli, diikuti dengan konser di Taipei, Taiwan tanggal
9, 10 dan 11 September, serta di Singapura pada
9 dan 10 Desember.
Girls'
Generation dinamai "The Most Influential Entertainers in Korea" untuk
tahun 2011 oleh SISA Press setelah pada tahun sebelumnya berada di posisi
keenam.
Pada
tanggal 26 September 2011 S.M. Entertainment mengumumkan bahwa Girls' Generation
akan kembali dengan album Korea ketiga mereka "The Boys.
Foto teaser pertama yang menampilkan Taeyeon dirilis pada hari itu
juga, disusul oleh Sunny dan Hyoyeon pada 27 September, Jessica, Sooyoung dan
Tiffany pada 28 September serta Yoona, Yuri, dan Seohyun pada 29 September.
Videoteaser pertama untuk "The Boys" dirilis
pada 1 Oktober 2011 melalui kanal YouTube milik S.M. Entertainment.
Girls’
Generation pada awalnya dijadwalkan untuk merilis album ketiga "The
Boys" lewat iTunes dan berbagai situs musik di Asia termasuk Korea
pada 5 Oktober 2011. Namun pada 30 September diumumkan bahwa peluncuran album
tersebut telah ditunda karena adanya diskusi tentang perilisan album ini di
seluruh dunia, yang detailnya akan segera diungkap segera setelah tercapai
kesepakatan. Pada 10 Oktober dikonfirmasi bahwa album tersebut akan
dirilis pada 19 Oktober 2011 dan Girls' Generation akan membawakan lagu
"The Boys" untuk pertama kalinya di acaraMusic Bank di KBS pada 21 Oktober.
Sebagai langkah pertama mereka dalam menembus pasar musik internasional, Girls' Generation menanda tangani kontrak dengan label Amerika Serikat Interscope Records yang merupakan anak perusahaan Universal Music Group.
Singel
utama album ketiga mereka, "The Boys" dirilis dalam dua bahasa yaitu
Korea dan Inggris. Lagu tersebut diciptakan dan diaransemen oleh Teddy Riley yang
pernah menjadi produser Michael Jackson.
Hanya
dalam waktu beberapa menit setelah "The Boys" dirilis, album tersebut
langsung menduduki ranking pertama di berbagai tangga lagu situs musik. Pada
tanggal 21 Oktober, Girls' Generation memulai promosi mereka untuk album ketiga
dengan membawakan lagu "The Boys" dan "Mr. Taxi(Korean
ver.)" di Music Bank. Girls' Generation dikonfirmasi akan merilis singel
maxi (album mini) "The Boys" di Amerika Serikat pada 29 November,
namun belakangan tanggal perilisan tersebut kemudian diundur sampai 25 Desember
2011.
Seminggu
setelah penampilan comeback mereka, Girls' Generation memenangkan
penghargaan pertama untuk "The Boys" di M! Countdown pada
27 Oktober, kedua di Music Bank pada 28 Oktober dan yang ketiga pada
30 Oktober di Inkigayo. The Boys terjual sebanyak 227.994 kopi
selama 12 hari dan menjadi album yang paling banyak terjual di Korea Selatan
untuk bulan Oktober.
Pada
tanggal 11 November dikabarkan bahwa Girls' Generation akan merilis buku foto
resmi pertama mereka di Jepang yang berjudul “Holiday”. Selain itu dokumentasi
tur konser Jepang pertama mereka akan tersedia baik dalam bentuk blu-ray maupun
DVD dan akan dirilis pada 14 Desember. "Holiday" menembus posisi
no. 1 dalam kategori fotografi di chart penjualan buku di Jepang.
Buku tersebut memuat koleksi foto mereka saat menikmati liburan, dan berhasil
terjual lebih dari 17.000 eksemplar hanya dalam waktu satu minggu. pada
tanggal 29 November Girls' Generation tampil dalam acara M'Net Asian Music
Award 2011 dengan menampilkan lagu The Boys dalam versi remix. Dalam acara itu
pula Girls' Generation mendapatkan dua penghargaan sebagai Best Female Group
dan Artist Of The Year.
Girls'
Generation ikut berpartisipasi dalam album kompilasi "2011 Winter SMTown: The Warmest Gift"
dengan lagu berjudul "Diamond". Album tersebut dirilis pada 13
Desember 2011.
0 komentar:
Posting Komentar